7 Rahasia Mempromosikan Blog

Sebenarnya sudah banyak para blogger yang membahas mengenai Rahasia Mempromosikan Konten blog, dan sebagian dari isi yang diuraikan di artikel ini bisa jadi sering anda baca di beberapa blog, dan mungkin anda akan sedikit complain tentang judul artikel yang saya buat, yang menyisipkan kata "jarang diketahui ", padahal isi yang disajikan sudah pasti banyak para blogger yang sudah membahasnya.

Itulah sedikit dari strategi konten marketing, yaitu dengan menyajikan judul artikel semenarik dan bisa membuat orang penasaran untuk berkunjung, jika anda berkunjung ke blog ini karena ada rasa penasaran dengan judul yang saya buat, berarti strategi awal saya untuk mempromosikan blog berhasil, cara seperti ini tentu saja jangan anda lewatkan sebagai tahap awal untuk mempromosikan konten blog anda.



Promosi adalah salah satu aktivitas yang sebaiknya jangan anda lewatkan, karena melalui promosilah blog anda bisa dikenal orang dan menjadi populer, bahkan salah satu artikel di  social trigger mengungkapkan bahwa waktu yang digunakan untuk promosi sebaiknya adalah 80% dan untuk membuat konten adalah 20% artinya promosi harus mendapatkan porsi 4 x lebih banyak jika dibandingkan dengan waktu yang dihabiskan untuk membuat konten, jika dalam satu minggu anda bisa membuat 1 konten maka 4 hari pada minggu tersebut harus anda gunakan untuk mempromosikan konten anda.

Lantas apa saja yang harus kita lakukan untuk mempromosikan konten agar blog menjadi terkenal ?

Berikut beberapa aktivitas yang harus anda coba untuk mempromosikan konten blog anda:

#1. Siapkan Pondasi Blog anda

Ini merupakan langkah awal yang harus anda lakukan sebelum anda mempromosikan blog anda, anda harus mampu menyajikan pondasi blog anda, yaitu konten blog atau artikel, dan anda harus mampu menyajikannya secara baik sehingga konten anda adalah konten terlengkap dan menjadi konten terbaik jika dibandingkan dengan konten kompetitor. jika konten kompetitor hanya menjelaskan dari A sampai C, maka konten anda sebisa mungkin harus anda sajikan dari A sampai Z, karena untuk saat ini salah satu faktor penentu kesuksesan sebuah blog adalah konten

Berikut beberapa hal yang harus anda persiapkan yang berkaitan dengan pondasi blog anda:

a. Menyajikan Konten berkualitas
Artikel adalah salah satu pondasi yang sangat penting untuk mempromosikan blog agar blog anda cepat populer, satu hal yang jangan anda lupakan adalah jangan sekali-kali menyajikan artikel asal-asalan.

Jadi langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum mempromosikan blog anda adalah menyajikan artikel se informatif, se menarik dan se berkualitasmungkin, artikel informatif yang anda sajikan pada blog anda akan membuat setiap pengunjung rela menshare blog anda, rela melakukan bokmark artikel blog anda serta mereka akan betah berlama-lama di blog anda dan mereka berpeluang menjadi pengunjung setia blog anda.

Ingat jika artikel blog anda banyak yang bokmark terutama menggunakan google croome serta pengunjung semakin betah berlama-lama di blog anda, maka akan memperbaiki kualitas bounce rate blog anda, dan secara tidak langsung akan memberikan sinyal pada mesin pencari bahwa blog anda adalah blog berkualitas.

# Bagaimanakah ciri-ciri konten berkualitas?
Memang banyak sekali yang membahas mengenai konten berkualitas, namun tidak sedikit yang mungkin masih bertanya-tanya seperti apa sebenarnya konten berkualitas itu ?, jika anda masih bingung mengenai konten berkualitas, berikut beberapa ciri yang bisa anda jadikan rujukan untuk membuat konten berkualitas menurut google:
  • Konten selalu dilengkapi dengan data dan fakta yang diambil dari sumber terpercaya.
  • Selalu membahas secara lengkap dan tuntas sehingga setiap pengunjung akan merasa sangat puas dengan hanya membaca artikel blog yang anda sajikan.
  • Lebih berguna, lengkap dan bermanfaat jika dibandingkan engan konten lain sejenis
  • Dibuat untuk manusia bukan untuk mesin pencari.
  • Isinya sangat informatif, menarik dan original

b. Buat judul blog yang menarik dan bisa membuat pengunjung blog penasaran
Ini merupakan salah satu strategi konten marketing, judul blog yang baik adalah judul blog yang dapat memancing rasa penasaran, sehingga mereka rela untuk mengunjungi blog anda.

Jika anda mengandalkan google untuk menjaring visitor blog anda, untuk mendapatkan banyak pengunjung ke blog anda, judul artikel tidak perlu ada di posisi satu google, cukup ada dihalaman pertama dengan judul yang menarik akan membuat konten anda kebanjiran pengunjung.

Untuk saat ini algoritma google sudah berevolusi, satu yang mungkin saat ini sudah menjadi faktor penentu rangking halaman situs adalah faktor UX atau faktor user experience, bahkan tentang UX faktor ini jauh-jauh hari pernah dibahas di situs searchmarketingexpo.com, ("Salah satu engginer google Garry Illyes pernah membahas mengenai UX faktor ini secara panjang lebar dan beliau  menyarankan agar setiap webmaster memperhatikan dan lebih focus pada UX faktor).

Dan memang terbukti, ternyata untuk artikel tanpa backlink, jika  persentase CTR (Click throught rate, atau persentase klik judul blog di hasil pencarian) suatu artikel blog tinggi dan dwell time atau waktu yang dihabiskan pengunjung di artikel tersebut cukup lama, maka secara tidak langsung akan memberikan sinyal pada mesin pencari bahwa artikel blog anda berkualitas, seiring waktu sedikit demi sedikit namun pasti judul artikel blog anda bisa bertengger di posisi terbaik.

Memang banyak sekali yang menjadi kategori UX faktor, intinya adalah bagaimana membuat artikel blog memberikan sinyal pada mesin pencari bahwa artikel tersebut berkualitas, membuat pengunjung betah berlama-lama dan faktor-faktor lainya.

#Bagaimanakah cara membuat judul blog yang menarik?
Dan shure dari situs moz mengungkapkan tentang bagaimana cara membuat judul agar bisa viral untuk meningkatan ctr konten blog anda dihasil pencarian, anda setidaknya harus melibatkan beberapa faktor dibawah ini:
  • a. Dapat memancing keingin tahuan dan membuat penasaran pembaca, anda bisa melibatkan kata kata unik dan tidak biasa pada judul blog.
  • b. Mengandung pesan manfaat, misal mengandung kata, 7 cara.., 10 tips, bagaimana cara... dll
  • c. Melibatkan Sentuhan Emosional, misal mngandung kata terbaik, terjitu, paling dicari dlll...
  • d. Upayakan judul dapat muncul penuh di hasil pencarian, anda bisa menggunakan paling tidak 65 sampai 70 karakter untuk judul artikel, jika lebih dari itu mesin pencari akan memotongnya sehingga hanya sampai 70 karakter saja yang muncul.dll.

 #2. Promosi Menggunakan Mesin pencari (Search Enggine)

Tidak sedikit para pemilik situs yang rela merogoh kocek untuk mempromosikan situs miliknya agar lebih populer, namun satu diantara banyak strategi promosi paling murah dan gratis adalah promosi melalu mesin pencari, berikut beberapa pint yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan konten blog anda di mesin pencari:
 

a. Daftarkan blog anda di mesin pencari populer
Kenapa blog harus didaftarkan ke mesin pencari, alasannya adalah agar blog lebih cepat dikenali oleh mesin pencari, jika sudah dikenal maka konten artikel blog anda akan memiliki peluang lebih cepat ditemukan di hasil pencarian mesin pencari, sehingga bisa mendongkrak trafik, ini merupakan salah satu jenis promosi konten blog paling efektif dan  gratis.

Tahap awal untuk mempromosikan blog di mesin pencari adalah mendaftarkan blog di mesin pencari populer seperti yahoo, bing dan google.


b. Libatkan SEO pada artikel blog anda
Agar usaha anda optimal anda harus melibatkan SEO didalam artikel yang anda buat, baik itu optimasi seo onpage maupun seo offpage, sehingga blog anda akan mudah sekali ditemukan dihasil pencarian google di posisi terbaik.


#3. Promosi menggunakan Email

Salah satu strategi konten marketing yang sering digunakan oleh hampir sebagian besar internet marketer dunia adalah promosi menggunakan email list, daftar email yang orang-orang yang tertarik dengan blog anda.

Strategi ini sangat ampuh dan efektif sekali untuk meningkatkan trafic atau mendatangkan pengunjung ke blog anda, dan pengunjung anda akan menjadi pengunjung yang paling tau tentang update blog anda, email marketing akan membuat  informasi artikel terbaru akan mudah sampai pada pembaca melalui informasi yang dikirim ke email mereka secara otomatis.

Tugas anda adalah bagaimana email mereka bisa anda koleksi, banyak cara yang bisa dilakukan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Menyajikan kotak subcriber pada blog - sehingga setiap pembaca memiliki kesempatan untuk berlanggganan artikel, dengan cara memasukan email aktif mereka. sebagai contoh anda bisa lihat bentuk kotak subcribe sederhana pada blog saya:

Cara promosi konten blog melalui email subcribe

Meskipun terlihat sederhana tapi ampuh, sayangnya hanya 699 orang yang sudah melakukan aktivasi lewat email, padahal total ada 15.000 subcriber, namun kebanyakan tidak diaktivasi.

b. Memaksa mereka secara tidak langsung untuk memasukan email mereka untuk di koleksi, caranya anda bisa menyajikan artikel dalam bentuk pdf pada blog anda yang bisa didownload oleh siapapun, namun syaratnya mereka harus memasukan email mereka sebelum bisa mendownload. cara ini banyak di gunakan di situs-situs besar yang bisa anda contoh. mereka menyertakan sebuah tautan download yang disipkan dalam artikel yang mereka buat seperti contoh:

rahasia mempromosikan konten blog
JIka link "click here to download the PDF" di-klik oleh pengunjung, maka anda akan diminta untuk memasukan email. download akan berjalan setelah anda memasukan email.


c. Menadakan seminar dan setiap peserta harus memasukan bio data email salah satunya, jika melakukan cara ini anda sebaiknya meminta izin kepada mereka bahwa sewaktu-waktu anda akan mengirimkan informasi tertentu melalui email yang  mereka daftarkan. ini cara ini anda setidaknya harus sudah punya personal brand yang kuat.

# Bagaimana cara promosi melalui email?

Promosi melalui email bisa berupa pemberitahuan melalui email mereka bahwa ada update terbaru pada blog anda, jika dilakukan secara manual satu persatu tentu akan kerepotan. caranya yaitu menggunakan tool khusus

beberapa tool khusus yang bisa digunakan sebagai media promosi via email diantaranya:

a. Feed burner, sebuah tool gratis milik google yang dapat membantu memberikan informasi update terbaru pada pelanggan (subcriber) melalui email.


b. Aweber, tool berbayar yang dapat digunakan untuk otomisasi promosi lewat email, cukup lengkap salah satunya anda bisa membuat tampilan custom email dengan desain sesuai dengan yang anda inginkan.

#4 Promosi di media sosial

Promosi di media sosial adalah salah satu strategi efektif untuk saat ini guna menjaring visitor ke blog anda, namun ternyata banyak yang masih salah menerapkannya, karena tidak sedikit yang melakukan promosi dengan cara-cara yang bisa dianggap spam, misal dalam waktu yang singkat anda mempomosikan blog anda secara manual ke berbagai sosial media tanpa melihat minat pembaca, bahkan asal share saja, boleh saja jika memang tidak berdampak buruk namun tindakan seperti itu akan membuat anda dan juga reputasi blog anda buruk dimata calon pembaca, sehingga bisa membuat mereka enggan untuk mengunjungi blog anda.

Apapun media sosial yang anda gunakan untuk share sebaiknya tetap harus menjaga etika dan jangan sampai anda dianggap sebagai spammer, beberapa point  penting ketika share dimedia sosial:
a. Perhatikan minat pembaca.
b. Tahap awal lakukan promosi secara halus dan pelan-pelan.

Berikut beberapa sosial media yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan blog anda di media sosial:

#a. Promosi di media social facebook

 Media sosial facebook, siapapun pasti mengenalnya dan sosial media yang satu ini adalah sosial media yang paling banyak memiliki anggota, kesempatan ini tentu bisa kita manfaatkan dengan baik untuk media promosi konten, namun anda harus tau persis bagaimana strategi yang tepat untuk promosi konten blog di sosial media, berikut beberapa tips cara promosi di sosial media facebook:

-Mencari group bersih yang memiliki minat terhadap artikel blog anda.
Jika blog anda merupakan blog yang membahas topik sepatu olahraga, anda harus mencari group-group yang berkaitan dengan olah raga, misalnya group joging, sepeda santai, penyuka basket  dan semacamnya, dan ingat ikuti aturan-aturan yang dibuat pada group tersebut.

- Membuat fanspage facebook
Buatlah fanspage yang mewakili artikel yang anda bahas pada blog anda, lakukan share otomatis pada fanspage facebook anda, sehingga setiap kali anda menerbitkan artikel, artikel anda muncul juga terbit di fanspage blog anda. promosikan fanspage anda di group-group yang memiliki minat terhadap blog anda.

-Share artikel anda di group facebook
Lakukan beberapa tips dibawah ini :
  • Monitor terus percakapan pada group anda, sehingga jika ada yang mengajukan pertanyaan yang anda mampu anda bisa kontribusi memberikan jawaban yang baik dan informatif untuk meningkatkan reputasi anda pada group tersebut.
  • Jawablah setiap pertanyaan yang diajukan oleh anggota group tersebut dengan baik, buatlah beberapa status pada group tersebut yang sifatnya mendidik dan tanpa backlink.
  • Jika anda ingin melakukan sharelink pada status yang anda buat, sharelah link dari situs apapun yang bermanfaat bagi mereka dengan memberikan sedikit kutipan yang informatif.
  • Sekali-kali anda bisa share link yang menuju artikel yang anda buat yang menuju artikel blog anda, jangan gunakan judul, dan libatkan ajakan agar mereka tertarik untuk mengklik link yang anda share tersebut.
  • Sekali-kali buatlah status yang sifatnya mendidik dan informatif yang bisa dinikmati oleh para anggota group tersebut. 
  • dengan teknik seperti itu, secara tidak langsung anda sudah melakukan soft promosi (promosi secara halus) dan anda tidak akan dianggap sebagai spammer yang hanya bertujuan ingin mempromosikan blog anda.

#b. Promosi di twitter

Di twitter sama halnya dengan di facebook anda bisa melakukan hal yang sama seperti promosi di sosial media facebook

#c. Promosi di Google+

Google + adalah salah satu media sosial milik google dan mirip dengan facebook,  google + memiliki manajemen spam yang baik, untuk promosi sebelumnya anda harus mengaitkan blog anda dengan profil google +milik anda, jadi setiap kali anda menerbitkan artikel, artikel tersbut akan muncul juga di halaman google+anda, jika di klik maka akan menuju ke konten artikel blog anda.

Anda bisa bergabung dengan beberapa group google+ yang memiliki minat terhadap blog anda, misal jika blog anda membahas tentang adsense, maka anda bisa bergabung dengan group adsense, carilah group yang bersih, moderator yang terus aktif dan taati aturan yang berlaku pada group tersebut.

Promosi di Google+ yang paling efektif adalah selalu memonitor percakapan pada group tersebut, dan anda harus berkonteribusi memberikan jawaban terhadap setiap permasalahan yang anggota group tanyakan, jika jawaban anda cerdas baik dan memberikan solusi, mereka secara sukarela akan mengunjungi blog anda melalui profil google+ anda tanpa harus anda minta dan tanpa perlu anda memasang link pada status yang anda buat.

#d. Promosi di forum Online

Carilah forum-forum yang bersih, anda bisa bergabung pada forum tersebut, forum untuk saat ini ada yang menyajikan fasilitas signatur, sehingga anda bisa mendapatkan backlink dari forum tersebut dari signatur, namun signatur biasanya akan aktif jika anda sudah memposting beberapa artikel.

Manfaatkan forum sebaik-baiknya, buatlah artikel berkualitaspada forum tersebut dan letakan backlink didalamnya, sebaiknya hindari menyajikan artikel yang sama persis dengan artikel blog anda yang ingin anda promosikan, dan gunakan juga judul yang berbeda dengan judul artikel yang dipromosikan.

Visitor bisa datang dari link yang anda letakan atau dari signatur yang anda pasang di forum tersebut.

#5. Promosikan konten blog anda dalam bentuk berbeda

Konten tidak harus kita sajikan hanya dalam bentuk tulisan panjang yang hanya kita sajikan di blog, namun kita bisa merubah konten tersebut dalam berbagai format agar lebih mudah untuk dipromosikan dengan cara di-share diberbagai tempat, anda bisa menyajikan konten anda dalam bentuk portable seperti PDF, atau dalam bentuk video, atau dalam bentuk infografis.

Dengan menyajikan konten dalam bentuk yang berbeda, akan mempermudah anda untuk membagikan koten tersebut di berbagai tempat.

  • Jika konten anda dalam bentuk video, anda bisa membagika atau mempromosikannya melalui situs-situs berbagi video gratis seperti  youtube, vameo atau dailymotion dan ingat sebisa mungkin anda bisa mencantumkan link menuju artikel blog anda untuk video tersebut.

  • Jika konten anda sajikan dalam bentuk (e-book) atau dalam bentuk dokumen potable seperti PDF, atau Document MS Word, anda bisa share disitus scribd  Jangan lupa untuk meletakan link menuju artikel pada blog anda.
  •  Jika anda menyajikannya dalam bentuk infografis anda bisa promosikan di situs visual.ly
  •  Anda juga bisa share dalam bentuk artikel di beberapa forum online yang sudah memiliki banyak anggota dan sudah populer.
Konten yang kita sajikan di situs-situs populer yang sudah memiliki reputasi yang baik di mata mesin pencari akan mudah sekali diindex dan ditemukan di hasil pencarian, sehingga trafik akan anda dapatkan selain dari member di situs-situs tersebut juga dari mesin pencari sehingga blog anda tidak sepi pengunjung.

#6. Blog Walking

Blog walking merupakan teknik klasik paling mudah yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan dan mempopulerkan konten blog anda guna meningkatkan trafic, dan memang benar aktivitas ini bisa berpotensi untuk mendongkrak trafik atau dapat meningkatkan visitor ke blog anda, namun anda harus tau tekniknya.

Caranya, silahkan lakukan blog walking dengan benar, cari blog-blog populer yang memiliki topik yang sama dengan artikel yang anda bahas dan sudah memiliki banyak pembaca setia, kemudian berkomentarlah secara cerdas dengan komentar relevan dan informatif pada blog yang anda kunjungi, komentar cerdas akan membuat pengunjung lain mengunjungi blog anda bahkan si pemilik blog yang bersangkutan, meskipun tanpa anda minta.

#7. Melibatkan pembaca blog anda untuk mempromosikan

Teknik mempromosikan konten berikutnya adalah dengan cara melibatkan pembaca blog anda untuk ikut mempromosikan, cara ini akan membuat konten anda cepat dikenal, ini merupakan peluang yang paling baik yang bisa anda gunakan, lantas bagaimana caranya agar pembaca blog anda rela melakukan share terhadap konten yang anda buat?

Sajikan tombol share ke berbagai media sosial pada artikel blog anda, adanya tombol share akan mempermudah mereka mendistribusikan artikel blog anda.

Sajikan konten berkualitas.


Sajikan Artikel panjang - Penelitian yang dilakukan oleh buzzsumo terhadap 1 juta artikel, bahwa artikel dengan jumlah kata lebih dari  2000 kata, memiliki peluang dishare lebih banyak.
cara mempromosikan konten blog


Sedangkan menurut analisa serp IQ, untuk posisi 1 sampai 10 dihasil pencairan dengan 20, 000 kata kunci membuktikan baha rata-rata yang banyak ditemukan dihasil pencarian di posisi 1 sampai 10 atau halaman pertama hasil pencarian adalah artikel yang terdiri dari  2.000 kata lebih,

panjang artikel meningkatkan share

Ternyata memang banyak sekali keunggulan membuat artikel panjang, selain meningkatkan share juga memiliki peluang untuk ditemukan di hasil pencarian pada posisi terbaik.


Promosi konten adalah bagian dari aktivitas blogging yang tidak bisa dipisahkan, semakin baik promosi yang anda lakukan maka dampaknya akan baik untuk blog anda, meningkatnya jumlah visitor ke blog sehingga akan lebih mudah mempopulerkan blog anda dan blog anda akan dikenal.

Sebenarnya Banyak sekali teknik promosi yang bisa anda lakukan, baik promosi secara online maupun offline, baik berbayar maupun gratis, namun apapun cara promosi yang anda pilih langkah awal yang harus anda prioritaskan adalah konten yang berkualitas.

Demikian uraian mengenai #7 Rahasia Mempromosikan Konten blog yang jarang diketahui, semoga bermanfaat.

Source : Strukturcode.blogspot.com

0 Response to "7 Rahasia Mempromosikan Blog"

Post a Comment