Cara Menuliskan Artikel SEO Friendly

Cara Menulis Artikel SEO Friendly Agar Terindex Search Engine Google - Bagaimana cara menulis artikel yang mudah dikenali oleh search engine, sehingga lebih cepat terindeks di google, bing, yahoo, dan search engine lainnya. Ada beberapa trik yang mungkin belum banyak diketahui oleh blogger pemula. Terutama tentang penulisan sebuah SEO artikel.

Tulisan yang berkualitas tidak mutlak menjadikan artikel Anda menjadi nomor 1 di halaman search engine. Banyak faktor pendukung lain agar dapat memperoleh hal tersebut. Salah satunya adalah tata cara penulisan artikel. 

Cara Menulis Artikel SEO friendly Terbaik



Ada 7 Point penting yang harus kalian ingat dalam penulisan Artikel SEO Agar Mudah dicari, 7 Point tersebut tidak harus kita terapkan semua, namun alangkah baiknya Jika kita terapkan.


Point Pertama :

Tulisan Original yang Berkualitas


Tulisan Original yang Berkualitas maksudnya gimana?

Original :

Original ya Asli pasti kalian sudah tau arti dari frase kata ini kan?? nggk Copy Paste , tapi kalo udah Copy Paste, Jangan di terusin lagi, keterusan Copy Paste tidak baik bagi blog kita juga. Alangkah baiknya kalo kita coba bikin Artikel yang Orisinil (Hand Made) hasil tangan kita sendiri.
Jika Copas, sertakan Link si Pembuat, atau Link artikel tersebut.

Berkualitas :

Terus selama ini postingan kita, Artikel kita, nggk berkualitas??

Bukan Tidak berkualitas, Tapi Coba Tentukan pembaca yang ingin Anda tuju. Misal Anda membuat artikel tentang pelajaran matematika SMP. Bahasa yang Anda gunakan harus sederhana dan mudah di pahami. Jadi pembaca artikel Anda tersebut memiliki rentang usia antara 9 – 16 tahun. Jika Anda menggunakan bahasa orang dewasa, maka akan sangat sulit di pahami oleh pembaca artikel Anda.



Point Kedua :

Judul dan Link Artikel Harus Sama


Jangan gunakan judul yang sudah banyak di gunakan oleh orang lain. Misal Anda membuat artikel tentang internet dan Anda hanya memberi judul artikel Anda “Internet”, sementara judul tersebut sudah banyak digunakan oleh situs-situs yang lebih besar dari pada blog Anda. Contoh wikipedia.

Contoh Judul :

  1. Cara Membuat Tempe
  2. Cara Membuat Tempe dalam Waktu 5 Menit
  3. Cara Mudah Membuat Tempe Terbaik Berkualitas
Judul pertama terlalu standar. Artinya sudah banyak digunakan oleh orang lain. Seandainya memang isi artikel Anda lebih berkualitas dan lebih menarik, maka Anda bisa menjadi nomor 1. Tetapi jika tidak, artikel Anda akan tetap di bawah.
Judul kedua adalah judul terbaik. Tujuan utama artikel Anda bisa tersampaikan di tambah dengan bumbu dalam waktu 5 menit. Kata 5 menit akan lebih menarik pembaca untuk melihat artikel Anda.
Judul ketiga yang paling buruk. Judul yang penuh dengan kata tambahan tidak di sukai oleh pembaca manusia. Judul tersebut hanya untuk mesin pencari dan lama kelamaan akan di tinggalkan oleh mesin pencari. Mesin pencari saat ini lebih mementingkan kepuasan pembaca dari pada hanya sebuah pengaturan SEO.

Point Ketiga :

Buat Ringkasan Lengkap di Paragraf Pertama


Setelah judul, mesin pencari akan membaca paragraf pertama dari artikel Anda. Jadi usahakan paragraf pertama mengandung banyak kata yang berhubungan dengan judul utama. Pada paragraf pertama usahakan memiliki minimal 800 kata. Semakin banyak kata yang berhubungan dengan judul utama pada paragraf 1, semakin cepat artikel Anda terindeks.


Point Keempat :

Gunakan Gambar dengan Tag Sesuai Judul Utama


Pastikan Anda memasukkan gambar sebagai penguat artikel Anda. Semakin banyak gambar yang relevan dengan tulisan Anda, semakin baik kualitas SEO artikel Anda. Tetapi jika terlalu banyak, resikonya adalah halaman artikel Anda tersebut akan lambat karena memiliki ukuran yang lebih besar. Usahakan gambar tersebut di kompres terlebih dahulu sebelum Anda upload. Semakin cepat load halaman Anda, semakin senang pengunjung mengunjungi blog Anda. Jangan lupa memberikan alt, tag dan deskipsi gambar sesuai dengan judul utama artikel Anda.


Point Kelima :

Heading 2 dan 3 dalam Artikel


Heading 2 (h2) harus ada di dalam artikel. Cantumkan judul utama di dalam artikel dengan format H2. Jadi sebelum Anda memberikan penjelasan tentang artikel Anda setelah paragraf pertama, masukkan judul utama dengan format H2. Setelah itu, gunakan sub judul pada setiap penjelasan Anda menggunakan H3, sehingga di dalam artikel Anda akan terdapat 1 H2 dan banyak H3. Mesin pencari dan pembaca akan melihat H2 sebagai point penting dalam artikel Anda.

Point Keenam :

Cantum Sumber dengan Link Hidup


Penting, selain untuk menghindari copas tulisan yang tidak jelas, link sumber juga memperkuat SEO artikel Anda. Jangan takut berada di bawah artikel yang Anda jadikan sebagai referensi. Jika Anda menggunakan lebih dari 1 referensi dan merubah dengan kalimat Anda sendiri yang mungkin lebih mudah di pahami, artikel Anda akan tetap di atas tulisan yang Anda jadikan referensi. Mesin pencari akan membaca artikel Anda sebagai artikel yang relevan karena menggunakan banyak sumber sebagai referensi. Lebih bagus lagi jika referensi tersebut berasal dari blog Anda, hal ini akan semakin memperkuat SEO artikel Anda.

Point Ketujuh :

Pastikan Judul ada di Meta Keyword Blog Anda


Apa itu Meta Keyword ?  Meta Keyword adalah kata kunci utama yang Anda masukan di dalam blog Anda. Biasanya terdapat dalam bagian atas template Anda. Salah satu atau lebih kata di Judul Utama artikel Anda terdapat di Meta Keyword. Semakin banyak kata di Judul Utama yang terdapat di Meta Keyword, semakin cepat artikel Anda terindeks di mesin pencari.
Contoh Meta Keyword & Description
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title><meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; | &quot; + data:blog.title + &quot; | &quot; + data:blog.pageName' name='description'/><meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; | &quot; + data:blog.title + &quot; | &quot; + data:blog.pageName' name='keywords'/><meta expr:content='data:blog.pageName' name='subject'/><meta expr:content='data:blog.pageName' name='abstract'/><b:else/><title><data:blog.pageTitle/></title><meta content='Masukkan Keyword anda disini!' name='description'/><meta content='Masukkan Keyword anda disini!' name='keywords'/></b:if>
Bagian "Masukkan Keyword Anda Disini!" Silahkan Ganti dengan Keyword untuk Blog atau Website Anda

Bagian Description Isikan Dengan Deskripsi Web / Blog anda

Sekian Tutorial yang Sorawave dapat berikan, Semoga membantu kalian untuk meningkatkan SEO Pada Blog atau Website kalian. Terima Kasih.

0 Response to "Cara Menuliskan Artikel SEO Friendly"

Post a Comment