Merasa Lemas Saat Berpuasa ? Berikut Cara Mengatasinya

Selama berpuasa kita dituntut untuk menahan lapar dan dahaga, tidak makan dan minum dari Imsyak sampai Adzan Maghrib. Hal ini memang cukup memberatkan bagi orang orang yang memiliki ketahanan fisik yang lemah misalnya sakit sakitan. Dibutuhkan tips agar Anda tidak merasa lemas saat Berpuasa.


Berpuasa dengan cara yang salah dapat mengakibatkan kesehatan menjadi terganggu, maka oleh sebab itu Kita semua yang menjalankan puasa perlu menjaga tubuh ketika sedang masuknya sahur dan buka. Saya akan memberikan tips agar Anda tidak merasa lemas saat sedang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan

Berikut Cara Mengatasi nya .

1. Perbanyak Minum Air Putih Saat Sahur dan Berbuka.



Kekurangan air putih dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh, di bulan Ramadhan kurangnya asupan air putih selain membuat dehidrasi juga dapat membuat kita lebih cepat untuk merasa kehausan. Jangan takut kebanyakan buang air kecil, karena lebih banyak buang air kecil lebih baik dari pada terkena penyakit.

2. Makan dan Minum Secukupnya Saat Berbuka.



Terkadang banyak orang ketika adzan maghirb sudah berkumandang langsung semua makanan yang dihadapannya dilahap, mulai dari minum es, makan kolak, makan nasi, makan bakso. dll. Sebaiknya ketika sudah memasuki waktu buka, mulailah dari yang ringan terlebih dahulu, seperti minum air putih dan makan kurma, makan kolak, dan baru nasi.

3. Makan Lagi Sesudah Shalat Tarawih.



Ini berguna agar Anda tidak makan terlalu banyak ketika berbuka dan ketika sahur, makan terlalu banyak saat berbuka dapat mengakibatkan sakit perut dan mata merasa ngantuk ketika sedang shalat tarawih. Selain itu pada saat sahur Anda akan memiliki banyak waktu ketika sedang menyantap makanan.

4. Menjaga Diri Agar Terhindar Dari Dehidrasi.




Dehidrasi adalah terjadinya ketidak seimbangan tubuh karena kekurangan cairan di dalam tubuh. Kurangnya pemasukkan daripada pengeluaran merupakan salah satu penyebab terjadinya dehidrasi. Di bulan Ramadhan, Anda perlu banyak minum dan menghindari sinar matahari untuk memperkecil resiko terkena dehidrasi ketika sedang berpuasa.

5. Istirahat Yang Cukup.



Waktu tidur kita tentu terpotong karena harus sahur, dan untuk sebagian orang tidak bisa atau tidak mau tidur lagi setelah sahur dan shalat shubuh. Kekurangan istirahat tentu tidak baik bagi kesehatan, jika setelah sahur tidak bisa tidur lagi, tidurlah lebih awal pada malam harinya dan jika perlu pada siang hari tidurlah siang untuk mengatasi kekurangan asupan istirahat.

Itu lah beberapa Tips & Trik agar badan kita tidak merasa lemas saat sedang menjalankan ibadah Puasa di bulan suci Ramadhan ini. Semoga artikel ini membantu dan kita semua bisa menjalankan ibadah dengan baik.

1 Response to "Merasa Lemas Saat Berpuasa ? Berikut Cara Mengatasinya"