Terlalu Banyak Minum Teh Selama Puasa Berbahaya!, Mengapa?

Teh adalah minuman favorit semua masyarakat yang sering dikonsumsi hingga beberapa kali dalam sehari. Tapi selama bulan puasa ini, sebaiknya kebiasaan minum teh itu dikurangi. Mengapa?


Menurut ahli penyakit dalam, dr Kasim Rasjidi, SpPD-KKV, DTM&H, MCMT, MHA, SpJP, FIHA,teh termasuk dalam minuman yang bersifat diuretik, sehingga akan membuat seseorang lebih sering buang air kecil setelah meminumnya.

Tentu saja hal ini akan mempengaruhi tubuh, sebab garam dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh selama berpuasa akan ikut terbuang.

"Mengonsumsi teh bisa membuat seseorang buang air kecil terus menerus, sehingga akan membuat tubuh kekurangan cairan padahal saat puasa berlangsung pun tubuh sudah kekurangan cairan," ujar dr Kasim.

Berdasarkan pengalaman dr Kasim Rasjidi, ada salah seorang pasiennya yang mengeluh sakit nyeri pada bagian dada dan si pasien mengira terkena penyakit jantung. Maka, dilakukanlah pemeriksaan lebih lanjut. Ternyata, baru diketahui bahwa ia tidak mengalami sakit jantung tapi kekurangan cairan.

Pasien tersebut mengaku bahwa hanya minum teh saat berpuasa karena rasanya lebih pas di lidah. dr Kasim memaparkan, sangat wajar jika orang terkena dehidrasi karena berlebihan minum teh saat puasa. Untuk mengatasinya adalah meminum air putih yang cukup dan mengurangi porsi teh yang diminum.

Jika tubuh menderita dehidrasi maka mineral dan garam yang dibutuhkan oleh tubuh selama berpuasa akan ikut terbuang. Padahal saat berpuasa orang tidak akan memperoleh asupan cairan apapun hingga waktu berbuka tiba. Kondisi inilah yang dapat membuat seseorang mengalami dehidrasi dan bisa membahayakan tubuh.

"Seseorang yang terserang dehidrasi atau kekurangan cairan bisa juga ditandai dengan nyeri otot, nyeri dada, nyeri sendi dan juga kulit yang terlihat kusam," ungkap dokter yang menamatkan kuliah kedokterannya tahun 1987 ini.

Namun bukan berarti kita dilarang mengonsumsi selama puasa, hanya porsinya saja yang harus dikurangi terutama di saat sahur. Tapi ketika berbuka puasa teh manis dapat dikonsumsi secukupnya untuk menaikkan kadar gula darah.

Selain itu, jangan lupa pula untuk mengonsumsi air putih yang cukup terutama saat waktu berbuka puasa hingga menjelang sahur. Selain itu bisa juga ditambahkan dengan mengonsumsi jus buah untuk menambah jumlah cairan dan serat di dalam tubuh.

Wah, buat yang suka minum teh terus komentar kamu gimana nih ? Tapi  jangan bersedih, kalian tetap masih boleh minum teh kok, asal tidak terlalu banyak.

Jangan lupa Untuk Share dan kasih Komentar kalian dibawah ini yah...!!!


3 Responses to "Terlalu Banyak Minum Teh Selama Puasa Berbahaya!, Mengapa?"